10 Tips Belajar Yang Baik

Diposting oleh mermanarts on Minggu, 17 Juli 2011

halo sobat, kali ini MERMANARTS mau sok-sok-an ngasih tau tips belajar. hehe
Langsung aja sob. :D
 
 
1. Mind Map
Ini adalah metode yang terorganisir merekam informasi dan meningkatkan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah. Pemetaan pikiran membantu dengan mempertahankan informasi dalam pikiran Anda dengan cara yang pikiran menemukan mudah diingat. Ini membantu Anda mengkonsolidasikan dan meringkas data, Anda dapat mengingat sebagian besar informasi hanya dengan melihat salah satu item atau bagian dari data dipetakan juga.

2. Temukan gaya belajar yang cocok
Ada gaya belajar yang berbeda dan banyak orang memiliki preferensi mereka sendiri yang berbeda dari metode pembelajaran. Hal ini juga mungkin bahwa Anda memilih gaya belajar tertentu tergantung pada situasi dan waktu yang tersedia. Dengan menggunakan gaya belajar yang paling cocok untuk diri sendiri Anda akan lebih mampu memperoleh manfaat dari itu dan membuat keputusan yang lebih baik atau menerapkan pembelajaran dengan cara yang paling efektif.

3. Metode Multi-pass

Teknik ini panggilan untuk mengungkap pikiran Anda untuk informasi baru atau data bahkan jika itu untuk beberapa saat. Dengan melakukan ini, pikiran Anda mengunyah pada data dan mencoba untuk memahaminya. Waktu berikutnya Anda membaca atau melihat data yang sama lagi, pikiran Anda akan sudah mulai memprosesnya. Teknik ini paling efektif jika Anda benar-benar penasaran untuk belajar dan mengetahui hal-hal baru.

4. Mengasah keterampilan belajar melalui kegiatan lain
Belajar untuk memainkan alat musik membantu Anda mengembangkan telinga yang tajam dan waktu yang tepat. Sketsa atau memahat meningkatkan mata dan tangan koordinasi, bermain olahraga Anda membantu meningkatkan koordinasi dengan benar. Kegiatan ini menyegarkan pikiran Anda yang sebaliknya terus berpikir, mengingat, menganalisis dll Selain itu, kegiatan ini memanfaatkan bagian-bagian otak yang dinyatakan tidak aktif.

5. Mengembangkan rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu adalah salah satu faktor kunci yang mendorong pembelajaran. Bila Anda memiliki minat untuk menjelajahi area baru pengetahuan,, kejadian tempat atau orang, Anda akan dapat memahami belajar cepat dan juga merasa menyenangkan dalam proses. Jika untuk beberapa alasan Anda berpikir hal tertentu membosankan, meyakinkan diri sendiri untuk mengubah perspektif Anda dan berpikir dan pendekatan sebagai menarik, mereka akan membuka pikiran Anda untuk belajar.

6. Belajar dengan mengajar orang lain
Ketika Anda menjelaskan konsep atau ide atau proses untuk seseorang, Anda belajar banyak dalam proses. Untuk dapat mengajar atau berbicara berarti ada kejelasan pemikiran dan pemahaman yang baik dari masalah ini. Juga, ketika pendengar meminta pertanyaan atau keraguan, Anda akan menjelajahi masalah dalam ke luar, secara mendalam dan ini juga akan meningkatkan pemahaman Anda sendiri.

7. Mengajukan pertanyaan yang tepat
Setiap kali Anda mengajukan pertanyaan, Anda lebih dekat dengan seluruh dunia baru informasi dan pengetahuan. Dengan menyerap informasi apapun yang Anda dapatkan tanpa mempertanyakannya Anda kehilangan belajar mengapa begitu. Anda belajar hanya ketika Anda bertanya tentang hal-hal dan menjadi terbuka untuk perspektif lain.

8. Fokus pada belajar Anda
Mencoba untuk mencapai lebih banyak dengan mendistribusikan perhatian Anda untuk beberapa tugas pada waktu tidak akan membantu melainkan memperlambat Anda dan Anda menyerap kurang karena Anda tidak berfokus pada satu hal pada suatu waktu. Kecemasan meningkat ketika Anda mencoba untuk beberapa hal pada waktu yang sama dan ini akan mengurangi penciptaan ide Anda dan kemampuan penyerapan.

9. Istirahat sejenak untuk Kurangi beban/stress

Duduk di meja Anda dan terus belajar mungkin tampak seperti pilihan yang ideal tetapi hanya akan menambah stres Anda. Sebaliknya, istirahat pendek di antara tugas-tugas atau bab. Set tonggak untuk belajar Anda dan setelah Anda mencapai sana, beri waktu untuk bersantai dan rileks. Lebih baik jika Anda dapat menerapkan pikiran Anda untuk sesuatu yang berbeda dari subjek belajar Anda.

10. Meningkatkan memori Anda
Semakin Anda belajar lebih pikiran Anda akan meregang untuk mengingat data dan menampung semua informasi yang diterimanya. Memori memperbaiki teknik seperti metode Link (pengkodean data untuk gambar dan kemudian menghubungkan gambar untuk mendapatkan gambaran penuh), teknik Story (data dikenang dalam bentuk cerita, membantu menjaga ketertiban dan urutan logis), Mnemonik (tool yang meningkatkan memori Anda dengan menghubungkan ide-ide sehari-hari dan barang-barang yang kemudian membantu Anda mengingat apa yang Anda inginkan), dll adalah beberapa metode yang populer meningkatkan memori 
 
 
Semoga bermanfaat. :)
(SUMBER:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9270576)

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }