Nikmatilah Kopinya

Diposting oleh mermanarts on Sabtu, 22 September 2012

Cerita, Motivasi & Renungan #100

Tak jarang kita menggerutu dan menyesali keadaan. Begitu banyak segi kehidupan yang membuat kita merasa tidak puas dan akhirnya melupakan pemberian Tuhan yang sangat berharga, yaitu kehidupan itu sendiri. Cerita berikut ini memberikan pelajaran penting agar kita tidak terlalu mempersoalkan mengenai cara Tuhan “mengemas” kehidupan masing2 orang.

Suatu hari beberapa alumni University California Berkeley yg sudah bekerja dan mapan dalam kariri, mendatangi profesor kampus mereka yg kini sudah lanjut usia. Mereka membicarakan bnyk hal yg menyangkut pekerjaan dan akhirnya mereka masing2 mengungkapkan keluhan serta protes terhadap pekerjaan maupun kehidupan mereka.

Sang profesor lalu ke dapur dan membawa seteko kopi panas. Di sebuah nampan ia membawa bermacam2 cangkir. Ada yg terbuat dari kaca, kristal, melamin, beling dan plastik. Beberapa cangkir nampak indah dan mahal, tetapi ada juga yg bentuknya biasa2 saja dan terbuat dr bahan yg murah. “Silahkan masing2 mengambil kopi dan menungkannya sendiri.” Sang profesor mempersilahkan. Setelah masing2 memegang cangkir berisi kopi, profesor itu berkata “Perhatikanlah semua, bahwa kalian memilih cangkir2 yg bagus dan yg kini tertinggal hanya cangkir2 yg murah dan tidak begitu menarik. Memilih yang terbaik adalah normal. Tetapi sebenarnya disitulah letak persoalannya. Ketika kalian tidak mendapatkan cangkir yang bagus, perasaan aklian menjadi terganggu. Kalian mulai melihat cangkir yg di pegang oleh orang lain dan membandingkannya dengan cangkir yang kalian pegang. Pikiran kalian terfokus pada cangkir, padahal yg ingin kalian nikmati bukanlah cangkirnya melainkan kopinya.”

Sesungguhnya kopi itu adalah kehidupan kita sedangkan cangkir adalah pekerjaan, jabatan, uang dan posisi yang kita miliki. Jangan pernah membiarkan cangkir yang merupakan wadah dari kopi tersebut mempengaruhi kopi yang ingin kita nikmati. Pekerjaan, jabatan dan status kita di dalam pekerjaan atau di masyarakat hanya merupakan “wadah” yang seharusnya tidak mempengaruhi kualitas kehidupan kita. Orang boleh saja menaruh kopi di dalam cangkir kristal yang mahal yang mahal dan indah, tetapi belum tentu mereka dapat merasakan nikmat dari kopi tersebut. Artinya, ada sebagian orang yang menurut penglihatan jasmaniah kita begitu beruntung dan berbahagia, tetapi belum tentu mereka dapat menikmati indahnya karunia kehidupan yang di berikan Tuhan.

Mari kita belajar menghargai dan mensyukuri hidup ini bagaimanapun cara Tuhan “mengemas”nya untuk masing2 kita. Yang penting bagaimana kita menyikapi anugrah dan mengisinya dengan hal2 yang bener dan positif. 


Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }