Sir Winston Churchiil

Diposting oleh mermanarts on Senin, 04 April 2011






1874  Lahir di Istana Blanheim, Oxfordshire
1893 Masuk akademi militer
1899 Tertawan dalam Perang Boer di Afrika Selatan, tapi kemudian lolos
1900 Menjadi anggota parlemen
1906-1915 Menjabat Menteri
1919 Menjadi menteri negara urusan perang
1940-1945 Menjadi perdana menteri dan memimpin Inggris dalam Perang Dunia II
1951-1955 Perdana menteri lagi
1965 Wafat






Pada tahun 1940 Inggris berperang melawan Jerman dan merasa terancam oleh bahaya invasi. Negeri ini sangat butuh pemimpin tangguh. Terpilihnya Sir WinstonChurchill menjadi perdana menteri memnuhi harapan negerinya selama Perang Dunia II, perang terburuk yang pernah terjadi di dunia. Di markas bawah tanahnya ia menyusun rencana untuk memenangkan perang. Kejayaan pada masa perang muncul pada saat mencengangkan. Ketika itu ia berusia 66 tahun dan tidak menduduk jabatan penting apapun di pemerintahan. Ia mendesak Inggris untuk menyusun kekuatan militer melawan Jerman. Para buruh masih ingat bagaimana ia mengekang aksi mogok umum 1926 dan memotong gaji mereka. Tapi semua itu dilupakan ketika Inggris memenangkan perang. Ia dielu-elukan sebagai politisi terbesar abad ini.

Masa Muda
Sebagai prajurit muda dan reporter di India dan Afrika, Churchill punya banyak petualangan. Ia terkenal ke seluruh dunia setelah lolos dari penjara Boer pada tahun 1899.

Melukis
Churchill adalah pelukis amatir yang antusias. Ia juga menulis banyak buku sejarah. Hobi ini ia tekuni sesudah ia kehilangan jabatan perdana menteri karena kalah dalam pemilu 1945. Tetapi pada tahun 1951 ia kembali jadi perdana menteri.


Perdana Menteri Masa Perang
Sebagai panglima perang, Churchill banyak mengunjungi kota-kota yang ddibom Jerman dan menyemangati rakyat. Tanda jari "V" yang berarti "Victory" (kemenangan) menggalang semangat rakyat Inggris untuk memenangkan perang. Karya terpenting dilakukanya dari balik layar, yaitu memimpin Inggris untuk menang perang. Ia menemui pemimpin Soviet dan Amerika Serikat untuk menyusun setrategi perang dan syarat perdamaian pascaperang. 

Siaran Radio
Selama Perang Dunia II, Churchill membuat banyak siaran radio yang membakar semangat bangsanya. Ia secara lugas memaparkan keadaan sebenarnya serta hal-hal mengerikan yang sudah berada di depan mata. Namun ia menjamin bahwa musuh akhirnya akan bisa ditaklukan.

Buldog Inggris
Churchill sebagai sosok yang berhati baja sering digambarkan dalam kartun dan poster. Poster Amerika Tahun 1942 ini melukiskanya sebagai anjing buldog.



(SUMBER: Buku "ENSIKLOPEDI POPULER ANAK" PT Ichtiar Baru Van Hoeve)

 



Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 1 komentar... read them below or add one }

mermanarts mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.